Rabu, 22 Januari 2020

Pakaian Adat Jawa Tengah



1. Jawi Jangkep
Jawi Jangkep merupakan pakaian resmi yang dipakai oleh kaum pria suku Jawa. Terdiri dari baju atasan yang memiliki motif bunga-bunga sedangkan yang bagian bawah adalah berupa Jarik dengan memiliki motif atau corak batik yang dipakai dengan melilitkan bagian atas di pinggang, aksesoris penutup kepala adalah Blangkon.
Blangkon terbuat dari kain dengan beragam corak, ada yang polos ada juga yang memiliki corak batik.
Seperti pakaian adat lainnya, keris juga di sematkan pada pakaian ini dan biasanya keris di selipkan di bagian belakang, selain itu dilengkapi dengan alas kaki, sepatu sandal.



2. Blangkon

Blangkon adalah semacam penutup kepala tradisional yang banyak digunakan oleh masyarakat Jawa, terutama di Jawa Tengah.
Dikaji lebih jauh, Blangkon bukan sekedar sebagai penutup kepala. Tetapi Blangkon memiliki filosofis, sekaligus merupakan simbol status bagi pemakainya. Tulisan Blangkon namun biasa disebut “Belangkon” oleh banyak orang.
3. Kemben
Kemben batik tradisional dipakai oleh sebagian besar wanita istana di kraton pada kerajaan Jawa. Seiring berjalannya waktu, saat ini, ada juga kemben ketat yang dilengkapi atau disematkan dengan menggunakan kancing, tali atau resleting yang serupa dengan korset gaya Barat.


4. Kuluk

Persis halnya penutup kepala yang bernama Blangkon, Kuluk juga merupakan penutup kepala bagi pria Jawa. Kuluk adalah kopiah kebesaran yang biasanya berbentuk kaku dan tinggi, digunakan oleh pengantin pria dalam momen tertentu di upacara pernikahan adat Jawa.
Pada zaman dahulu, Kuluk juga dipakai oleh raja-raja pada acara tertentu.

5. Kebaya
Kebaya adalah pakaian tradisi Jawa. Pakaian ini umumnya dipakai pada saat-saat tertentu. Bagi wanita yang mengenakan Kebaya katanya nampak sangat anggun, elegan, dan memiliki karisma. Konon katanya, Kebaya ini bukan budaya asli Indonesia. Namun perpaduan Jawa dan Shanghai.

6. Surjan
Surjan khusus untuk orang Jawa merupakan salah satu model pakaian adat yang sarat filosofis kehidupan. Surjan merupakan busana adat Jawa atau orang bilang busana kejawen penuh dengan piwulang sinandhi, kaya akan suatu ajaran tersirat yang terkait dengan filosofi Jawa (Kejawen).


































Tidak ada komentar:

Posting Komentar